Blog Advertising
Minggu, 15 Agustus 2010
Ramadhan 2010 di Kota Jambi
Kota Jambi, menurutku merupakan kota yang tak bersejarah. Kota ini berpenduduk majemuk. Lebih kurang berpenduduk 250 ribu jiwa. Di sini, di kota ini aku menikmati Ramadhan yang rasanya tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Aktifitas pada pagi hari terasa sama seperti biasa, di Pasar Angsoduo Jambi tetap ramai pembeli bertransaksi sayur mayur. Aktifitas seperti ini ramai mulai dari pukul 02.00-08.00WIB. di siang harinya terasa sepi dan panas, hanya lalu lalang kendaraan mayoritas para pekerja dan pebisnis yang ada, terkadang diselingi penduduk daerah kabupaten yang juga berbelanja ke pasar Jambi .

Mungkin, Ramadhan kali ini merupakan puasa yang panas. Sebab, jatuh pada bulan Agustus, banyak yang bilang “katanya” bulan panas. Sembari menulis catatan ini aku melihat akfititas facebooker Jambi. Mereka kebanyakan bermanja-manja meng up-date status tentang panasnya siang ini. Ya, like this, memang panas saat ini di kota Jambi.

Nah kalo untuk sore harinya, waktu inilah yang paling ramai. Menjelang berbuka puasa, kalo di Bandung ada istilah ngabuburit, menunggu berbuka sambil duduk2 ato sekedar jalan2 ke mall. Tapi kalo di Jambi menunggu berbuka puasanya beda. TEMPAT MAKAN!! Nah tempat inilah yang menjadi buruan favorit para remaja Jambi. Ya, sudah menjadi tradisi kalo sebagian besar warga Jambi lebih mengutamakan kampung tengah (perut)nya. Maka, jangan heran kalo mau berbuka puasa di Kota Jambi, telat sedikit bisa-bisa tak dapat tempat duduk lho.

Aktifitas kerohanian di malam hari, terlihat sama seperti aktifitas lain kebanyakan. Sholat tarawih, tadarusan, dan biasanya sekali seminggu diselingi dengan ceramah. Biasanya, warga di sini lebih memilih masjid yang jaraknya paling dekat dengan rumah untuk menunaikan ibadah. Oleh sebab itu mesjid2 besar diawal2 ramadhan malah terlihat sepi.

Selamat berpuasa ya…..
posted by pojokjambi @ 06.00  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
 
Support
Busby Seo Test Page
About Me


Name: pojokjambi
Home: Jambi, Jambi, Indonesia
About Me: Hanya anak desa yang mencoba hidup dipinggiran kota....
See my complete profile

Previous Post
Dedi Jambi

Buat Lencana Anda
Archives
Links populer

ShoutMix chat widget
Links jambi

Search Engine Optimization and SEO Tools
Add to Technorati Favorites
Tamu yang berkunjung se endonesya
Template n group by
Blogger Templates Cara Membuat Blog
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Earn $$ with WidgetBucks! Click Here to Advertise on My Blog Get Chitika eMiniMalls
Daftar BidVertiser.di Sini. Cara Mudah Dapat Dolar The World is Talking, Are You Listening?
AgoraVox Author Blogger Indonesia Free Domain Subscribe in Bloglines
Reviewmu.com