Blog Advertising
Sabtu, 24 Januari 2009
Dua harimau sumatra terkam warga jambi hingga tewas
the sumatra tiger kill the people (panthera tigris sumatrae).
Beberapa hari kemarin dedi sempat posting mengenai penemuan dua hewan buas, dan hari ini tak disangka, ternyata harimau sumatra atau biasa disebut "panthera tigris sumatrae" menampakkan diri juga. Tapi, penampakan ini berakibat buruk buat warga kumpeh, kabupaten Muarojambi. Sebab, raba'i (salah seorang petani getah karet), Seorang warga jambi ini harus tewas tercabik-cabik binatang buas ini. Tak tanggung-tanggung dua harimau sekaligus yang menyerang, saat raba'i sedang kencing di luar pondoknya.



Berita inipun cukup menggemparkan buat warga jambi khususnya, bahkan menjadi headline di beberapa media harian di jambi seperti posmetro jambi, jambi independent, jambi ekspres, dan beberapa media lokal lainnya. Semua instansi terkaitpun turut turun ke lapangan guna mengatasi masalah ini, dari polres muarojambi, polhut, dan pihak koramil setempat.

Dugaan sementara, harimau sumatra ini menyerang diakibatkan oleh semakin maraknya eksploitasi hutan secara besar-besaran di jambi, dan semakin sedikitnya ruang bagi harimau sumatra ini untuk tinggal dan bertahan hidup mencari makan.

mudah-mudahan kejadian yang kesekian kali di jambi ini tidak terulang lagi, dan pemerintah daerahpun harus lebih memperhatikan masalah yang tengah dihadapi oleh hewan-hewan buas yang semakin langka ini.

Adakah tempat untuk mereka bernaung lagi???????.....

pesan moral: keserakahan manusia berakibat buruk buat orang lain, lingkungan dan habitat para binatang langka, bahkan nyawa taruhannya

Adapula mitos tentang harimau jambi:
- harimau jambi biasa disebut dengan "datuk" yaitu sebangsa penunggu dan pelindung dari suatu kawasan hutan, dan dipercaya konon asal muasal datuk harimau ini berasal dari seorang sakti mandraguna yang menjelma sebagai sesosok harimau yang gagah perkasa.
-biasanya harimau tersebut akan terlihat jika di suatu perkampungan terjadi tindak asusila seperti: berjinah, mabuk-mabukan, berjudi dan maksiat lainnya.
- bila harimau telah menampakkan dirinya, maka akan ada hal-hal buruk bagi warga sekitarnya
-bila terdengan suara auman harimau sayup-sayup, maka berhati-hatilah karena ia berada sangat dekat dengan kita,
-begitu juga sebaliknya, jika suara auman harimau terdengar lantang, maka dipercaya ia berada sangat jauh dengan kita
benar atau tidak hanya Allah Maha Besar lah yang tahu semua apa-apa yang terjadi di bumi ini.

Label:

posted by pojokjambi @ 10.08  
11 Comments:
  • At 24 Januari 2009 14.48, Blogger Keluargaku Surgaku said…

    Duuhhhh ngeri juga ya sampe tewas tercabik cabik. Semoga kejadian ini tidak terulang lg, dan sang harimau bisa mendapatkan kembali habitatnya.

     
  • At 25 Januari 2009 03.46, Blogger duniaputri said…

    yah, turut berempati. yg jelas, bukan salah harimau menerkam manusia. salahkan manusia yg telah mengganggu habitat para harimau!

     
  • At 26 Januari 2009 09.33, Blogger Ceceā„¢ said…

    Waduh.. semoga menjadi perhatian semua pihak khususnya pihak terkait agar tidak ada lagi korban, dan habitatnya bisa tetap aman dan terlindungi.

    Salam

     
  • At 26 Januari 2009 09.48, Blogger Evan Jaelani said…

    waduh..mudah2an tidak terulang kembali nih..ngeri juga dengernya.

     
  • At 26 Januari 2009 19.36, Blogger Ide Gokil said…

    pengerusakan akibat beberapa tangan jahil telah mengakibatkan musibah bagi yg lain.

    sebaiknya kalau ada yg coba2 merusak habitat hewan buas tsb,kita mesti melarangnya,bila perlu gunakan cara keras sebab jika tidak dicegah akan menyengsarakan masyarakat sekitarnya.

     
  • At 26 Januari 2009 20.43, Blogger Shanty Mahanani said…

    Aduh....!
    Sayang sekali...!
    Aku hanya bisa terpukul sendiri...!

     
  • At 26 Januari 2009 20.43, Blogger srex aswinto said…

    Harimau dalam sistim rantai makanan menempati posisi puncak (predator utama),bersaing dengan manusia.
    nah...tergantung sekarang pada ekositim nya...kalau di hutan,yg paling atas jelas harimau...kalau di habitat manusia diluar hutan ya manusia predator paling atas.
    nah...masalahnya manusia sering tidak tau diri....melawan ekosistim, melawan alam,ya rasakan sendiri akibatnya...jangankan harimau....semut aja kalau kesenggol berani nggigit!

    udah deh...buat petani2 perkebunan,cukong2kayu/hutan...selama kalian masih berani memporak-porandakan hutan maka si Raja Hutan pasti akan memburu kalian.....dan berita seperti itu akan terulang dan terulang lagi.
    btw saya belum pernah makan daging harimau tuh....mas Dedi pernah ?

     
  • At 27 Januari 2009 06.34, Blogger Rio Sembilan said…

    jurus macan mengamuk!! sampe tewas tuh yang kena, hihihi..

     
  • At 28 Januari 2009 20.02, Blogger Putirenobaiak said…

    kepedulian thd alam/hutan bukan tanggungjawab pemerintah saja, tp juga rakyat...
    hewan hanya mengikuti sunatullah, manusia yg mengambil rumah mereka

    maaf ya baru sempat berkunjung, jarang BW. kamu mampir ke blog lamaku sih ya, blog yg update yg ini:

    http://putirenobaiak.wordpress.com/
    yg lain otomatis dan jarang saya lihat

     
  • At 29 Januari 2009 01.33, Blogger pojokjambi said…

    for keluargaku surgaku:
    iya betul mbak, kasian juga para petani yang jadi korban, dan kasian juga para harimau langka yang semakin sempit habitatnya...

    for dunia putri:
    betul, udah sifatnya manusia itu serakah, tapi, kalo serakah ilmu itu baik....


    for cece:
    amiin

    for evan jaelani:
    iya, kurang lebih lokasinya 15 km dari rumah dedi

    for ide gokil:
    kalo ngelarangnya sendiri2 gabakal didengerin sama para pengerusak hutan, makanya kita harus bersatu guna menjadikan lingkungan lebih baik lagi, btw udah nanam pohon blum?? itukan termasuk pelestarian lingkungan juga??

    for shanty maharani:
    kok terpukul?? memangnya mbak adalah bagian dari penebangan hutan??

    for mas srex aswinto:
    betul tuh mas, setuju, ulasannya lebih detil tuh, hehe..
    oia dedi lom pernah makan daging harimau, coz kalo disini harimau masih dianggap sebagai sosok binatang yang di mitoskan

    for: rio sembilan:
    iya kasian para petani yang terkena dampahnya,
    ibarat "cukong kayu makan nangka, petani yang kena getahnya"


    for putri renobaiak:
    betul sekali mbak....
    iya deh, ntar blog wordpress nya dedi samperin....

     
  • At 2 Februari 2009 02.57, Blogger www.katobengke.com said…

    salam knal yah.
    wah kalau tewas sampe tercabik2........
    apa ... gmana.....yah...?????

     
Posting Komentar
<< Home
 
 
Support
Busby Seo Test Page
About Me


Name: pojokjambi
Home: Jambi, Jambi, Indonesia
About Me: Hanya anak desa yang mencoba hidup dipinggiran kota....
See my complete profile

Previous Post
Dedi Jambi

Buat Lencana Anda
Archives
Links populer

ShoutMix chat widget
Links jambi

Search Engine Optimization and SEO Tools
Add to Technorati Favorites
Tamu yang berkunjung se endonesya
Template n group by
Blogger Templates Cara Membuat Blog
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Earn $$ with WidgetBucks! Click Here to Advertise on My Blog Get Chitika eMiniMalls
Daftar BidVertiser.di Sini. Cara Mudah Dapat Dolar The World is Talking, Are You Listening?
AgoraVox Author Blogger Indonesia Free Domain Subscribe in Bloglines
Reviewmu.com