Blog Advertising
Selasa, 07 September 2010
Pesimis dengan Perbatasan Negara
Klaim Wilayah

Ketika konflik perbatasan Indonesia vs Malaysia yang mencuat akhir-akhir ini menjadi perbincangan publik, saya pesimis dengan terselesaikannya perundingan perbatasan tersebut. Meskipun 6 september 2010 Menlu di ke dua Negara mengadakan perundingan membahas tentang konflik di perbatasan. Karena, penetapan perbatasan di kedua belah pihak adalah pekerjaan yang sangat berat, rumit, dan menyita waktu yang sangat lama.

Tidak usah jauh-jauh mengurus tentang perbatasan Negara, perbatasan antar provinsi saja masih banyak yang belum terselesaikan dari 1945 – 2010 ini. Masalahnya, sengketa perbatasan adalah sengketa harga diri masing-masing pemimpinnya. Dari tingkat rendah sampai tingkat atas, perbatasan merupakan masalah yang pelik. Ada apa ini?

Yang saya ketahui, di Provinsi Jambi saja, batas-batas provinsinya juga belum jelas kok, antara Jambi-Sumatera Barat (sengketa di Kabupaten Muarobungo), Jambi-Sumatera Selatan (sengketa di Kabupaten Sarolangun), Jambi Pekan Baru (sengketa perebutan Pulau Berhala). Ini merupakan bukti bahwa ketidak tegasan para pejabat Negara yang menetapkan batas dengan secara jelas. Yang akhirnya, masalah ini diambangkan saja sampai berlarut-larut. Dan mungkin masih banyak provinsi-provinsi lain yang mengalami kasus serupa.

Efeknya, masalah yang berlarut-larut ini akan menimbulkan konflik. Dan tentunya, jika konflik terjadi maka banyak akan mengeluarkan dana besar. Dana besar yang diperuntukkan untuk pebangunan juga bisa tersedot hanya untuk mengurus kasus satu ini.

Kelemahan Pemimpin Negara

Yup, perbatasan antar Negara. Kelemahan inilah yang membuat presiden makin tersudut jika membiarkan secara terus menerus. Karena, saya sangat pesimis dengan perundingan di Kinabalu Malaysia untuk menyelesaikan perbatasan wilayah kedaulatan Negara kita dengan Negara tetangga bisa menguntungkan kedua pihak. Dan tentunya, serupa dengan penyelesaian perbatasan provinsi yang terus diambangkan hingga waktu yang tidak ditentukan. Disini, pemerintah belumlah piawai dalam penyelesaian perbatasan antar apapun.

Jika dicermati, masalah ini bisa membuat oposisi pemerintah bangkit untuk melancarkan kritikan-kritikan kepada presiden tentunya. Dan ini merupakan masalah yang serius, karena menyangkut tentang kedaulatan Negara. Berbicara tentang kedaulatan Negara, tidak semata hanya urusan pemerintahan. Tetapi, rakyatpun akan bertindak melalui demonstrasi-demontrasi atau dengan caranya sendiri. Pada akhinya, anggota DPR akan terus menyoroti kasus ini dan bisa melemahkan kredibitas pemerintah Negara.

Lalu apa yang akan presiden katakan kepada rakyat jika penyelesaian perbatasan tidak tuntas??..
posted by pojokjambi @ 13.02  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
 
Support
Busby Seo Test Page
About Me


Name: pojokjambi
Home: Jambi, Jambi, Indonesia
About Me: Hanya anak desa yang mencoba hidup dipinggiran kota....
See my complete profile

Previous Post
Dedi Jambi

Buat Lencana Anda
Archives
Links populer

ShoutMix chat widget
Links jambi

Search Engine Optimization and SEO Tools
Add to Technorati Favorites
Tamu yang berkunjung se endonesya
Template n group by
Blogger Templates Cara Membuat Blog
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Earn $$ with WidgetBucks! Click Here to Advertise on My Blog Get Chitika eMiniMalls
Daftar BidVertiser.di Sini. Cara Mudah Dapat Dolar The World is Talking, Are You Listening?
AgoraVox Author Blogger Indonesia Free Domain Subscribe in Bloglines
Reviewmu.com