Blog Advertising
Rabu, 29 Oktober 2008
Apa itu Layout
Apa itu layout ?

Mungkin banyak sebagian orang tidak mengetahui apa itu layout.
Gini, biasanya kalo kita sering maen friendster pasti taulah apa tu layout. Tekadangkan banyak tuh yang nanya, "eh layout friendsternya kamu apa kodenya?" atau "eh, layoutnya kok keren, ngambil dari mana?" atau "gantilah layoutnya, apa ga ada layout lain?"
Dan.. biasanya pertanyaan2 seperti ini yang sering muncul jika kita sering bermain friendster.



Sebenarnya simpel aja jawabannya, layout menurut kamus adalah rekaletak (tataletak). masih belum faham?...
Oke diteruskan,misalnya di blog, kita sering juga membicarakan template kan?.. nah pada edit template kita kan sering mengedit tata letak, misalnya, menambakan menu link, atau menu aksesoris, seperti jam, gambar2, tulisan2, pagerank dll.
Itulah yang namanya layout pada blog. Kan artinya kita yang menata letak daripada menu2 itu sendiri.
Sudah paham kan?..

Kenapa saya membicarakan ini? Karena ini ada kaitannya dengan kegiatan saya. Karena, tidak banyak yang tau apa itu layout. paling2 yang tau hanya yang sering didepan komputer saja atau yang sering berinternetan. Atau orang-orang yang berkecimpung di media percetakan dan koran, tabloid dll. Dan saya adalah salah satu tukang layoutnya media cetak (koran) yang ada di jambi.

Buah simalakama (buah apa ya??)...

kemaren malam (28/10/08) sekitar jam 10 malam saya terima sms dari seorang kawan yang isinya meminta saya untuk me-layout-kan koran mingguannya. Dan biasanya memang mereka (kawan dari media cetak mingguan lokal jambi) sering mengontek saya jika ingin menerbitkan koran mereka. Tapi pada saat itu kondisi badan saya agak sedikit lelah, karena dari malam kemaren lusanya saya tidak tidur (alias begadang maen game strongholde II). Jadi seharian saya cuma tidur 2 jam, itu pun numpang tidur di tempat kawan kos kawan saya. Setelah membaca ini sms tersebut saya jadi ragu mau balas smsnya gimana, karena mereka ingin cetak besok malamnya, jadi mau ndak mau harus dari malam itu juga (sekitar jam 1-5 subuhlah..).

Akhirnya setelah saya pikir2, kalau mau nolak ndak mungkin (ndak enak, dimana tanggung jawab sebagai kawan), trus kalo meng iyakan juga ndak mungkin, pasti 42 jam ndak tidur2 dan pasti tau sendirilah nanti kalo dipaksain saya bisa sakit. (buah simalakama kata orang...). Bingung apa yang mau saya putuskan malam itu juga. Tapi saya sudah terbiasa kok dalam me-manage waktu (alias dikejar2 deadlane atau istilah kerennya tu kata Dian sastro, "Dunia Tanpa Koma").. Ya deadlane udah biasa dikalangan media. Bagi kami, dikejar2/dibayang-bayangi waktu udah biasa, karena kita sama sekali tidak tahu apa itu WAKTU, bahkan seorang legendaris jenius "Albert Einstein" tidak mengetahui apa itu "waktu". padahal, dalam menerapkan pengetahuannya dia sering berkutat masalah jarak, waktu, kecepatan dancahaya dsb.

Atau bisakah kawan menjawab apa itu waktu??... saya jamin, sampai botak kepala anda tidak akan pernah bisa menjawab apa itu WAKTU.

Ya, tidak ada seorangpun yang tahu apa itu "waktu" karena hanya Allah lah yang tahu apa itu waktu. Dan Allah berfirman dalam surat Al Ashr, "Demi masa".....



Mau apapun medianya, pasti mereka selalu dikejar2 deadlane. Sebuah informasi sama dengan sebuah ilmu, semakin digali semakin dalam pula ia. Itulah hukum alam.

kembali ke judul..

Layout adalah istilah dari sononya (barat). Nah, kalo bahasa kita sehari2 atau orang media sering menyebutnya dengan PRACETAK, artinya pra=sebelum dan cetak = menerbitkan, artinya kegiatan mendesain halaman koran/tabloid sebelum di cetak.
kegiatan yang mencakup di bagian pracetak:
1. mengedit foto (biasanya pakai program adobe photoshop)
2. menggambar grafis (biasanya pakai program freehand atau coreldraw)
3. mendesain halaman koran (ini yang utama, biasanya pake program adobe pagemaker atau adobe indesign)
4. print out (mengeprint untuk cek hasilnya, sebelum benar2 dicetak/dipublikasikan)
5. montage (kadang ada juga yang di montage langsung di percetakan)



12 jam nonstop layout halaman koran

Fuih... setelah menimbang2 akhirnya saya putuskan untuk membalas sms kawan tersebut, "oke,
"kalo malam ini kayaknyo sayo ndak biso, gmn kalo besok b..."
"kiro2 tekerjar dak? soalnyo kami mau cetak jambi defacto besok malam"
"tekejarlah, tenang b, 6 jam kelarlah 12 halaman tu?"
"oke lah kalo gitu ded, jadi jam berapo mo ksni besok?"
"kalo bangunnyo pagi, sayo pagi2 kesano"
"oke lah ded thanks"
"sip... boss"

Besok siangnya saya datang ke markasnya JAMBI DEFACTO, itupun bangunnya udah jam 10-an setelah di sms dan di telp beberapa kali oleh kawan tersebut. (ya, itulah pemuda indonesia banyak molornya dari pada ontime nya termasuk dedi, makanya indonesia lamban majunya... hehehe...)
Sesampai di markasnya Jambi Defacto jam 12 lewat dikit, tanpa basa-basi lagi langsung saya melayout halaman koran Jambi Defacto dengan didampingi wapimrednya yang masih bujangan berpenampilan rocker abis (berambut gondrong sepinggang dan hobi musik2 cadas indonesia). Kali ini Jambi defacto ingin merubah sedikit format halamnnya, biar agak beda tampilan perwajahannya," kata yudi (wapimrednya)..

Setelah 1 jam..... 2 jam.... 3 jam.... sudah selesai separonya (dari 12 halaman koran Jambi Defacto), dan 4 jam 5 jam... dan saat jam menunjukkan pukul 5.30 WIB selesai sudah semua halaman, tau sendiri kan... udah berapa jam tadi? Ya,hampir 6 jam saya me layout tanpa henti di depan komputer. sanggupkah anda seperti itu?.. saya kira ndak.. ya kan?..(kayaknya cuma orang2 yang beriman aja yang sanggup,seperti saya hehehehe)...

Sehabis melayout lalu yudi mengambil alih komputer yang saya pakai untuk mengecek berita2 dan foto2 yang akan dipublikasikan besok. Karena, kalo salah2 mempublikasikan bisa rawan komplain dari pihak2 yang tidak suka dipublikasikan. sebab, banyak berita2 mengenai bobroknya para pejabat atau kontraktor2 nakal yang jarang terekspose media.

Setelah selesai semua urusan layout-melayout dan juga honor saya, kami lalu makan bersama, setelah itu saya pamit untuk pergi lagi (berangkat ke kantor maksudnya), soalnya tugas di kantor sudah menunggu. Karena disamping saya membantu layout koran mingguan kawan, saya juga sebagai layouter koran harian lokal di jambi.

Sesampai dikantor tanpa mandi lagi sore itu, karena memang ga sempat mandi. Kan (kata orang "mandi itu kan, bagi yang merasa kotor") jadi kalo ndak merasa kotor ga perlu2 bgt untuk mandi, setuju kan???... heehe...
Kenapa saya memutuskan untuk tidak mandi sorenya:
1. udah jam 7 malam jadi ndak sempat
2. belum merasa kotor
3. karena ruangan kami berAC, jadi bau badan ga begitu menyebar
4. halaman koran harian yang saya kerjakan juga udah menunggu
5. malas aja mandi malam2.. hehehe..
lalu, start kembali jam 7 malam sampai jam 12 baru selesai... (slalu begitu sehari2, jam 11-12 lah biasanya baru selesai).
jadi, kalo dikalkulasikan kira2 saya mlototin komputer selama 12 jam nonstop. (bisa dibayangkan gimana pegelnya punggung ini??...) setelah semua selesai, saya terkulai LEMAH di kursi yang saya jejer (karena ndak sempat untuk pulang capeeeek sekali rasanya) dan kemudian tertidur pulas sampe jam 5 subuh... ghrrrrrr ghrrrrr.... ghr......
posted by pojokjambi @ 02.34  
3 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
 
Support
Busby Seo Test Page
About Me


Name: pojokjambi
Home: Jambi, Jambi, Indonesia
About Me: Hanya anak desa yang mencoba hidup dipinggiran kota....
See my complete profile

Previous Post
Dedi Jambi

Buat Lencana Anda
Archives
Links populer

ShoutMix chat widget
Links jambi

Search Engine Optimization and SEO Tools
Add to Technorati Favorites
Tamu yang berkunjung se endonesya
Template n group by
Blogger Templates Cara Membuat Blog
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia


Earn $$ with WidgetBucks! Click Here to Advertise on My Blog Get Chitika eMiniMalls
Daftar BidVertiser.di Sini. Cara Mudah Dapat Dolar The World is Talking, Are You Listening?
AgoraVox Author Blogger Indonesia Free Domain Subscribe in Bloglines
Reviewmu.com